Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Kesalahan Yang Dilakukan Saat Interview Kerja

Interview merupakan salah satu tahap yang harus dilalui oleh jobseeker dalam mendapatkan sebuah pekerjaan. Interview adalah jalan memperkenalkan diri secara detail seorang pelamar kerja kepada perusahaan baik melalui HRD ataupun langsung dengan owner perusahaan. Jadi tidak sedikit pencari kerja yang harus mengubur mimpi mereka karena tidak lolos saat sesi interview dengan berbagai alasan. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menghadapi interview:

Beberapa Kesalahan Yang Dilakukan Saat Interview Kerja
Berjabat tangan 
Pada saat proses wawancara, menjabat tangan pewawancara adalah hal yang harus dilakukan. Dengan berjabat tangan, tentu memberikan penilaian yang positif terhadap anda ketika pertama kali bertemu dengan pewawancara. Sebaiknya jabat tangan pewawancara dengan yakin dan percaya diri, jangan jabat tangannya dengan lesu. Buatlah mereka terkesan pada saat berjabat tangan dengan Anda. Pastikan juga tangan Anda kering, jadi jika Anda berkeringat , bersihkan sebelum Anda bertemu pewawancara.
Bertopang Dagu
Jangan bertopang dagu pada saat proses interview berjalan. Hal ini akan memberikan penafsiran yang negatif terhadap diri Anda di mata pewawancara. Seorang rekuiter tentu lebih jeli dalam memberikan penilaian kepada kandidat. Dengan bertopang dagu, Anda akan terlihat tidak serius dan terkesan malas untuk mengikuti sesi wawancara ini. Artinya, penilaian Anda di mata pewawancara akan buruk, bahkan untuk masa yang akan datang.
 Jangan Kosongkan Pandangan
Jangan menatap pewawancara dengan pandangan kosong. Mata merupakan indera penglihatan, oleh karena itu pandangan yang kosong akan di tafsirkan bahwa Anda tidak mengerti apa yang dipertanyakan pada proses wawancara. Sebaiknya dalam proses wawancara cara yang paling baik adalah dengan menatap mata pewawancara memerhatikan setiap pertanyaan dengan sungguh-sungguh.
 Hindari Mengangguk Kepala Terlalu Banyak.
Anda mungkin berpikir itu ide yang baik untuk menganggukkan kepala, baik untuk tampil setuju dengan pewawancara Anda atau menyiratkan Anda memberikan perhatian lebih. Tetapi kenyataannya adalah bahwa ini dapat membuat Anda tampil sebagai yang tidak mengerti apa-apa.
Note: Persiapkan diri sebaik - baiknya sebelum menghadapi interview agar mencapai hasil yang maksimal.

Posting Komentar untuk "Beberapa Kesalahan Yang Dilakukan Saat Interview Kerja"

Berlangganan via Email